14 Jul

Setelah membahas tentang apa itu flat desain, kita beralih ke bagaimana membuat flat desain yang menarik. ada beberapa hal yang Anda harus perhatikan sebelum membuat flat desain. Mulai dari warna apa yang sesuai, desain seperti apa hingga efek apa yang kira-kira cocok untuk desain Anda. Berikut tips membuat flat desain yang menarik.

  • Buat Desain se Simple mungkin

sesuai dengan namanya “flat desain” yang artinya flat atau datar tanpa bevel, bayangan, tekstur dan lebih terfokus pada tipografi maka dalam membuatnya pastikan buat desain sesimple mungkin. Gaya flat adalah visualisasi objek dua dimensi. Terkadang kita hanya butuh menggambarkan siluet atau garis besar yang membuat objek bisa dikenali meskipun tanpa detail.  Selain itu dalam menciptakan flat desain  kita gunakan kesederhanaan bentuk dan penggunaan tepi/sudut yang rapi dan menarik mata penikmat gambar. Pastikan pula gambar yang kita buat mudah dipahami, dan yang pasti terlihat minimalis, bersih dan terhindar dari tampilan yang berantakan.

  • Ciptakan desain yang sempurna

Tips kedua yaitu buatlah desain yang terlihat sempurna, ketika sampai ke ikon dan elemen UI, kita perlu untuk membuat ikon tersebut terlihat tipis namun akurat. Hal ini sangat penting untuk grafis raster dan vector. Saat ini untuk menciptakan desain yang sempurna Anda tidak perlu khawatir karena beberapa waktu lalu Adobe Illustrator meluncurkan versi terbarunya dengan fitur-fitur pendukung pembuatan flat desain menangani grafis dengan piksel yang sempurna.

  • Pilih warna menarikmu

Tips ke 3 yaitu pilih warna yang tepat dan menarik karena dalam flat desain penggunaan warna merupakan hal yang paling spesifik. Kebanyakan palet warna yang digunakan untuk flat desain terdiri dari beberapa warna dasar. Warna-warna cerah, berani dan bersemangat sangat berpengaruh terhadap desain yang dihasilkan. Flat desain memiliki skema warna yang tak terbatas pada beberapa warna saja, namun mencakup berbagai warna dan corak. Untuk mendapatkan warna yang pas  Anda bisa bermain-main dengan panel Color Illustrator yang bisa memilih warna hanya dengan cara menebak.

  • Buatlah long shadow

Long shadow adalah efek baru-baru ini muncul dan menjadi tren di kalangan flat desainer. Long shadow memiliki karakteristik khas yaitu membentuk rotasi 45 derajat dan memanjang serta berkuran besar sehingga terbentuk bayangan panjang yang menjadi ciri khas dari flat desain.

  • Gunakan Font yang tepat

Tipografi merupakan elemen berpengaruh dalam flat desain. Tipografi sederhana membuat keseluruhan potongan desain terlihat bersih dan mudah dibaca. Anda bisa menemukan banyak font gratis di font Squirrel dan DaFont. Sebagian besar desain dengan gaya flat cenderung menggunakan huruf besar dan warna yang kontras, itu yang membuat teks mudah dibaca. Untuk memilih font dalam desain Anda harus berhati-hati karena kesesuaian antara font dan desain adalah hal yang sangat penting. Tetap konsisten pada tampilan minimalis dan menjaga keseimbangan menjadi hal yan penting. Sebagai rekomendasi dalam flat desain desainer lebih banyak menggunakan font Sans Serif, karena bentuknya lebih lurus dan ketat serta semua elemen ilustrasi bergaya flat.

Itu tadi tips bagi Anda yang mulai melirik flat desain untuk menghasilkan desain-desain menarik untuk website Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Bagi Anda yang belum mengenal flat desain, Anda tidak perlu khawatir ketika membutuhkan desain grafis sesuai keinginan Anda. Semesta Multitekno, PT dapat membantu Anda untuk mendapatkan desain grafik yang Anda inginkan. Hubungi kami dan dapatkan pelayanan menarik dari kami.