04 Jul

Flat design sebuah desain yang sedang naik daun  dengan desain simple tanpa ada bevel, bayangan, tekstur dan lebih terfokus pada tipografi  ini menampilkan hasil ilustrasi 2 dimensi dengan warna-warna yang cerah. Flat design berasal dari terapan Swiss Design yang diperkenalkan antara tahun 1940 sampai 1950-an di Swiss. Fokus dari desain Swiss adalah pada penggunaan grid, tipografi sans-serif, hirarki konten yang bersih dan tata letak. Selama era 40 sampai 50-an, desain Swiss mengkombinasikan sebuah foto yang besar namun ditampilkan secara sederhana dengan tipografi minim.

Seiring berkembangnya jaman desain ini mulai dikembangkan sampai pada akhirnya pada tahun 1980-an flat design mulai muncul. Flat design pada kala itu sangat sederhana sekali tidak ada variasi sama sekali. Namun sekarang, berbalik 180 derajat bahwa design flat sekarang kembali dikembangkan dengan cara-cara baru dan kreatif untuk merancang design yang lebih baik. Sekarang design flat ini sudah menjamur di kalangan web design bahkan sering di temui di desain pada aplikasi mobile. Seperti Google dengan Flat design yang telah diterapkan pada beberapa fitur Google selama ini.

Penggebrak trend flat desain pertama kali adalah Microsoft yang menerapkannya dalam interfacenya. Dalam flat design lebih mengedepankan bagaimana gambar yang dihasilkan itu lebih mudah dipahami oleh orang-orang yang melihatnya. Desain minimalis yang ditampilkan ini bersih dari segala elemen-elemen yang tidak perlu. minimalis bukan berarti membosankan bukan?

Dalam flat design kombinasi-kombinasi warna cerah yang kontras membuat ilustrasi memunculkan tombol dari background akan dengan mudah menarik perhatian dan memandu mata pengguna. Flat design ini memiliki gambar sederhana yang menyampaikan pesan lebih cepat daripada ilustrasi yang sangat detail, gambar seperti icon lebih menunjukkan tindakan yang harus pengguna lakukan dan ini lebih mudah dipahami  oleh pengguna.

Ketika mengeksplorasi flat design dalam pekerjaan anda, pastikan untuk merancang setiap aspek dengan perspektif minimalis dan titik fokus atau pusat dari apa yang ingin pengguna cari untuk memastikan antarmuka yang seragam. Setelah anda berhasil melakukan ini, pengguna akan menghargai sifat yang fungsional dari situs anda.